Posts

Khusus Soal UKK SMA Kelas 11

Image
Khusus Soal UKK SMA Kelas 11 Khusus Soal UKK SMA Kelas 11 - Penilaian pendidikan adalah hal yang sangat penting dilaksanakan dalam rangka  mengetahui sejauhmana kompetesi siswa sudah tercapai bedasarkan acuan Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan bunyi pasal 58 Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 1 menyatakan bahwa evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Tahapan penilaian pendidikan dimulai dari ulangan harian, ulangan tengah semester, akhir semester, ujian sekolah dan ujian nasional. Ulangan akhir semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut. Khusus Soal UKK SMA Kelas 11 Berdasarkan ketentuan Permendiknas No 20 Tahun 2007 tentang Stand

Buku Guru dan Siswa Kelas 7 SMP/MTs K13 Revisi 2017

Image
Buku Guru dan Siswa Kelas 7 SMP/MTs K13 Revisi 2017 Bapak dan ibu guru yang mengajar di jenjang SMP/MTs dan pengguna Kurikulum 2013 berikut ini ulasan tentang "Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013". 1. Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa Buku ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya. Buku Guru dan Siswa Kelas 7 SMP/MTs K13 Revisi 2017 Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesu

Buku Guru Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Image
Buku Guru Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mengawali dalam kami menjelaskan materi Buku Guru Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini adalah sedikit kami bahas tentang "Kedudukan dan Fungsi Buku Guru" dengan ulasan sebagai berikut. Buku Guru Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kedudukan dan Fungsi Buku Guru Buku Guru  adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut ini penjelasan tentang fungsi buku guru. a. Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa Guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut: Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran, yang kemudian dipadukan  dalam satu tema tertentu. Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai. Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan dari

RPP Mulok Bahasa Jawa Kelas 4 Sampai 6 SD Lengkap

Image
RPP Mulok Bahasa Jawa Kelas 4 Sampai 6 SD Lengkap RPP Mulok Bahasa Jawa Kelas 4 Sampai 6 SD Lengkap - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan  rencana yang menggambarkan tentang pengorganisasian dan prosedur pembelajaran untuk  mencapai satu kompetensi dasar yang telah  ditetapkan. Dalam RPP harus memuat  tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. RPP Mulok Bahasa Jawa Kelas 4 Sampai 6 SD Lengkap Muatan Lokal adalah kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi mata pelajaran Muatan Lokal ditentukan oleh satuan pendidikan dan tidak terbatas pada mata pelajaran keterampilan. Pengembangan muatan lokal perlu memperhatikan potensi daerah yang meliputi (1) Sumber Daya Alam (SDA); (2) Sumber Daya Manusia (SDM); (3) Geografis; (4) Budaya; dan (5) Historis. Salah

Buku Siswa Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Image
Buku Siswa Kelas 7 SMP/MTs K13 Revisi 2017 Buku Siswa Kelas 7 SMP/MTs K13 Revisi 2017 - Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi peserta didik dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Pada proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Apabila pada jenjang SD/MI semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran. Buku Siswa Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Buku Siswa Kelas 7 SMP/MTs K13 Revisi 2017 - Struktur kurikulum juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum menggambarkan ide kurikulum mengenai posisi belajar seorang peserta didik yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pel

Download RKT, RKJM dan EDS SD/MI Format Terbaru

Image
Download RKT, RKJM dan EDS SD/MI Format Terbaru RKT, RKJM dan EDS SD/MI Format Terbaru - Pendidikan merupakan  salah satu bagian yang sangat penting dalam pembangunan sumber daya manusia, oleh sebab itu sebagai upaya untuk  meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan, maka dipandang perlu adanya upaya yang dilaksanakan secara terencana, terarah, dan terpadu untuk menyempurnakan kegiatan-kegiatan sekolah, sehingga penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan lebih optimal dan memenuhi harapan semua pihak yang berkepentingan (stakeholders). Download RKT, RKJM dan EDS SD/MI Format Terbaru Upaya-upaya yang terus bergulir dalam rangka peningkatan kualitas (quality) dan pemerataan kesempatan (equity) pendidikan diantaranya melalui penerapan program wajib belajar 9 tahun, standarisasi kurikulum, proses, ketenagaan, pembiayaan, sarana/prasarana, kompetensi lulusan, penilaian, dan manajemen dan pencitraan publik. Semua komponen tersebut digulirkan dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah sehingg

Free Silabus Kelas 6 MI PAI Bahasa Arab K13

Image
Free Silabus Kelas 6 MI PAI dan Bahasa Arab K13 Silabus  Kelas 6 MI PAI Bahasa Arab K13 - Silabus merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan Proses pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan pada setiap Kompetensi Dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam silabus memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Silabus  Kelas 6 MI PAI Bahasa Arab K13 Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab telah disusun oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah/Madrasah. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab, Pusat Kurikulum dan Perbukuan juga telah menyusun Silabus Per Mata Pelajaran pada MI agar dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam penyusunan. Dalam dunia pendidikan khususnya sebagai guru/p