Silabus SMP Format Words Kurikulum 2013 Revisi 2017

 Silabus SMP Format Words Kurikulum 2013 Revisi 2017

Menjelang dan mengawali Tahun Pelajaran 2017//2018 yang amat sangat dibutuhkan oleh guru adalah dalam menyusun kelengkapan perangkat pembelajaran. Salah satu dari kebutuhan administrasi guru adalah silabus, karena dengan silabus nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam membuat Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Kriteria Belajar Minimal (KBM) dan sertta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dari hasil kajian, masukan dan evaluasi terhadap silabus yang dikeluarkan tahun 2016, maka direktorat membuat revisi silabus 2016 yang dikeluarkan pada tahun 2017.


Materi Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 yang kami bagikan saat ini disusun dengan format office wods sehingga mudah dipahami dan mudah diedit dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan/dikelola oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable assessable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.


Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017  ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulankeunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.

Selengkapnya tentang Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 dapat didownload di bawah ini:
Demikian materi Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 yang dapat kami bagikan saat ini dengan harapan dapat membantu pencarian materi tersebbut dalam berbagai media. Harapan kami semoga bermanfaat mohon maaf atas segala kekurangan.

Popular posts from this blog

RPP Matematika (Bangun Datar) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Mulok Pertanian Kelas 3 SD/MI Terbaru

Panduan Pengembangan Sudut Baca dan Area Baca di SD