Kisi-Kisi Penilaian K13 Kelas 4 Semester 2

Kisi-Kisi Penilaian K13 Kelas 4 Semester 2

Kisi-Kisi Penilaian K13 Kelas 4 Semester 2 - Ketrampilan yang tidak kalah pentinya yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh pendidik adalah sebelum menyusun soal didahului dengan menyusun Kisi-Kisi yang akan digunakan untuk menyusun soalnya.
Kisi-Kisi Penilaian K13 Kelas 4 Semester 2
Kisi-Kisi Penilaian K13 Kelas 4 Semester 2

Bagaimana menyusun Kisi-Kisi?

Berikut sedikit penjelasannya.

Pengertian kisi-kisi

Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.

Syarat kisi-kisi

Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:
  1. Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
  2. Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
  3. Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.

Komponen kisi-kisi
Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Langkah-langkah menyusun kisi-kisi:
  1. menentukan KD yang akan diukur;
  2. memilih materi yang esensial;
  3. merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan materi dan level kognitif.

Uraian di atas semoga dapat menjadi gambaran bagaimana kita menyusun Kisi-Kisi, sehingga apabila belum mempunya buku panduan untuk menyusun Kisi-Kisi Soal. 
Baca juga: Buku Panduan menyusun kisi-Kisi Yang baik dan benar
Di bawah ini merupakan link download pilihan sesuai dengan kebutuhan guru kelas 4 SD yang menggunakan Kurikulum 2013 :


Jangan khawatir selain materi pokok tentang kisi-kisi Penilaian di atas masih juga kami sajikan secara gratis link download  selebaran KD kelas 4 semester 2.xls yang dapat dipergunakan menyusun segala bentuk administrasi pembelajaran lainnya.
Baca: Soal Penilaian Harian kelas 5 Semester 2
Demikian materi tentang Kisi-Kisi penilaian kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 2 sehingga dengan adanya materi ini semua kegiatan rekan-rekan pendidik akan bertambah lancar wakuncar. Jangan lupa materi ini dibagikan kepada teman yang membutuhkan atau dengan share ulang pada media massa dengan ketentuan disertakan sumber utama dari blog ini, atas perhatian kami ucapkan terima kasih.

Wassalam semoga sukses !!!

Popular posts from this blog

RPP Matematika (Bangun Datar) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Mulok Pertanian Kelas 3 SD/MI Terbaru

Panduan Pengembangan Sudut Baca dan Area Baca di SD