Download RKJM Jenjang SD,MI Terbaru

RKJM Jenjang SD,MI Terbaru

A. Latar Belakang

RKJM Jenjang SD,MI Terbaru fileledukasi.blogspot.co.id - Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki system yang kompleks  dan dinamis. Dalam kegiatannya  sekolah bukan hanya sekedar tempat berkumpul guru dan murid melainkan berada dalam satu tatanan system yang saling berkaitan, oleh  karena itu sekolah dipandang sebagai suatu organisasi yang membutuhkan pengelolaan.
RKJM Jenjang SD,MI Terbaru
Download RKJM Jenjang SD,MI Terbaru

Secara internal sekolah memiliki perangkat guru, murid, kurikulum dan sarana prasarana. Secara eksternal sekolah memiliki  hubungan dengan intansi lain dan masyarakat. Oleh karena itu sekolah memerlukan managemen yang akurat agar dapat memberikan hasil yang optimal.
Baca juga: Instrumen Supervisi Kepala SD, SMP, SMA-Kurikulum 2013 dan KTSP
Dengan pengelolaan yang baik, diharapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat serta pada gilirannya lulusan sekolah diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada pembangunan bangsa. Dengan demikian salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, sekolah harus melakukan perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk kepentingan hal ini, maka sekolah menyusun serangkaian kegiatan yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu.

Melalui program rencana kegiatan sekolah (RKS) yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap, diharapkan dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran. Untuk mengoptimalkan pengeolaan sekolah dalam mencapai sasaran diatas, maka SD Negeri ........................... menyusun serangkaian kegiatan.

Pengembangan kegiatan sekolah dipandang perlu sehingga  sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Untuk mewujudkan program tersebut setiap sekolah harus memiliki pedoman pelaksanaan  kerja berupa program kerja, dan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS).

Dengan berdasar pada uraian di atas, maka kami warga sekolah SD Negeri ....................................... Kecamatan ..................... Kabupaten ....................., mencoba menyusun  Rencana Kerja Sekolah (RKS)  4 Tahunan yang berbentuk   Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)

B.Libu/Bapasan

Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) agar SD Negeri ....................................... Kecamatan ..................... Kabupaten ..................... dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien.Rencana Pengembangan Sekolah tersebut disusun berdasarkan bahwa sekolah merupakan unit pelaksana pendidikan formal dengan berbagai keanekaragaman potensi peserta didik yang memerlukan layanan pendidikan yang beragam pula.

Dasar pemikiran inilah yang mendorong munculnya suatu pendekatan yang dikenal dengan istilah  Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) atau School Based Quality Managemen. Pengembangan lebih lanjut tentunya memerlukan suatu perencanaan yang sangat matang yang tertuang dalam Rencana Strategis Sekolah. Oleh karena itu ,maka sekolah harus dinamis dan kreatif dalam melaksanakan perannya untuk mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan dan sekaligus peningkatan sumberdaya manusia. Dengan rencana pengembangan sekolah ini diharapkan dijadikan pedoman kerja serta sebagai acuan dalam upaya pengembangan sekolah.

C.Maksud Dan Tujuan

1.Maksud

Maksud pembuatan program kerja/Rencana Kerja Tahunan ini untuk memberikan gambaran tentang pola kerja dan arah tujuan bagi pengelola sekolah dalam melaksanakan tugasnya pada kurun waktu satu tahun kedepan, sehingga dalam oprasionalnya dapat lebih efektif dan efisien, sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

2.Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) ini adalah  sebagai berikut :
  • Sebagai pedoman dan landasan kerja dalam pelaksanaan program sekolah, sehingga dapat menjamin agar perubahan atau tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.
  • Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat, sehingga semua “Stake Holders“ sekolah mengetahui dan memahami tentang rencana implementasi sekolah. 
  • Mendukung koordinasi antar pelaku pendidikan di sekolah.
  • Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antarsekolah dan dinas pendidikan Kabupaten/Kota, dan antarwaktu.
  • Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.
  • Menjamin tercapainya penggunaan sumber-daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.
  • Sebagai dasar dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi pada saat berlangsungnya kegiatan dan akhir program.

D.Metode Penyusunan

Metode yang digunakan dalam penyusunan program kerja/Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) ini adalah observasi, wawancara dengan guru,   monitoring, supervise .

E.Kerangka Pemikiran

Setiap sekolah semestinya memiliki perencanaan program yang akan menjadi arah sekaligus acuan bagi setiap aktivitasnya. Perencanaan tersebut biasanya meliputi  rencana strategis dan berjangka panjang, serta rencana oprasional untuk jangka pendek. Perencanaan strategis sebuah sekolah idealnya dimulai dari perumusan visi, misi,tujuansekolah yang jelas sehingga menjadi inpirasi dan sumber motivasi bagi setiap warga sekolah untuk bekerja sebaik-baiknya. 

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Nomor: 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan  Sekolah bahwa: “Sekolah/Madrasah merumuskan dan menetapkan visi serta mengembangkannya” Visi tersebut hendaknya (1) dijadikan  sebagai cita-cita bersama warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan pada masa yang akan datang, (2) mampu memberikan inspirasi ,motivasi,dan kekuatan pada warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan dan pengembangan mutu.
Baca juga: Cara pengajuan NUPTK Terbaru 
Sekolah merupakan tempat penyelenggaraan proses belajar-mengajar, menanamkan dan mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, keterampilan dan wawasan serta aplikasi nilai budi pekerti, ini berarti sekolah merupakan lembaga formal, sebagai unit pelaksana teknis dalam melaksanakan pendidikan. Oleh sebab itu para pelaksana di sekolah bertanggung jawab atas tugas yang dibebankan kepadanya sebagai pengelola sekolah diantaranya kepala sekolah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

F.Sistimatika Penulisan

Program Rencana Pengembangan Sekolah ini membahas mengenai berbagai program kegiatan sekolah di SD Negeri ..................... yang disusun sebagai berikut : 
LINK DOWNLOAD.
RKJM Jenjang SD-MI.docx
Demikian ulasan singkat tentang RKJM Jenjang SD,MI Terbaru semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

RPP Matematika (Bangun Datar) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Mulok Pertanian Kelas 3 SD/MI Terbaru

Panduan Pengembangan Sudut Baca dan Area Baca di SD