Aplikasi Cetak Raport K13 Kelas 5 Semester 2 Revisi 2017

Aplikasi Cetak Raport K13 Kelas 5 Semester 2 Revisi 2017

Laporan Pendidikan yang sering kita sebut raport mempunyai fungsi yang cukup penting, yaitu; baik bagi peserta didik, orang tua, guru kelas/wali kelas.

Laporan Pendidikan atau juga lebih akrab dipanggil Raport itu sendiri merupakan salah satu pertanggungjawaban sekolah terhadap masyarakat tentang kemampuan yang telah dimiliki peserta didik yang berupa sekumpulan hasil penilaian.Kegiatan penilaian dilakukan melalui pengukuran atau pengujian terhadap peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dalam suatu unit tertentu. Untuk memperoleh informasi yang akurat penilaian harus dilakukan secara sistematik dengan menggunakan prinsip penilaian.

Seperti yang tercantum pada pasal 25 (4) Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menjelaskan bahwa kompetensi lulusan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ini berarti bahwa pembelajaran dan penilaian perlu mengembangkan kompetensi peserta didik yang berhubungan dengan ranah afektif (sikap), kognitif (pengetahuan), dan psikomotor (keterampilan) (baca; Penilaian Psikomotorik)
Aplikasi Cetak Raport K13 Kelas 5 Semester 2 Revisi 2017
Aplikasi Cetak Raport K13 Kelas 5 Semester 2 Revisi 2017
Berikut ini adalah fungsi buku raport :
  1. Bagi Peserta didik: Mengetahui kemajuan hasil belajar diri, konsep-kosep atau teori-teori yang belum dikuasai, Memotivasi diri untuk belajar lebih baik, Memperbaiki strategi belajar
  2. Bagi Orang Tua: Mengetahui perkembangan anaknya sehingga orang tua dapat membantu anaknya belajar, memotivasi untuk meningkatkan hasil belajar dan melengkapi fasilitas belajar di rumah.
  3. Bagi Guru Mata Pelajaran: Sebagai feedback juga penilaian digunakan guru untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam satu kelas. Hasil penilaian harus dapat mendorong guru agar mengajar lebih baik, dan membantu guru untuk menentukan strategi mengajar yang lebih tepat.
  4. Bagi Guru Kelas/Wali Kelas: Melalui raport guru kelas/wali kelas dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam kelas yang diampunya guru kelas/wali kelas dapat menentukan strategi dalam pengelolaan kelas yang menjadi tanggung jawabnya misalnya dengan menata ulang pengaturan tempat duduk, pembagian anggota kelompok belajar dan langkah strategis lainnya untuk membantu peserta didik meningkatkan kompetensi peserta didik atau membantu mengatasi kesulitan blajar peserta didik yang lemah.

Melalui nilai raport inilah banyak hal yang dapat dilakukan seorang guru kelas/wali kelas, orang tua maupun peserta didik itu sendiri, dan diharap dapat mempererat kerjasama antar pihak sekolah dan orang tua sehingga apa yang kita harapkan untuk menjadikan putra/putri kita yang sarat dengan Iptek dan Imtaq dapat terwujud.

Seiring perkembangan kurikulum pada bidang Pendidikan tentu akan merubah beberapa aspek administrasi pendidikan pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Kurikulum 2013 adalah produk baru di dunia pendidikan kita menggantikan kurikulum 2006 (KTSP), kurikulum 2013 mulai diberlakukan sejak tahun 2014, lambat laun namun pasti diharapkan semua sekolah mengikuti perkembangan tersebut yaitu melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum  2013.

Banyak diantara sekolah yang sudah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum baru 2013, karena merupakan hal baru bagi sekolah yang baru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013, sudah barang tentu bagi bapak dan ibu guru masih harus belajar dan mendalami pokok-pokok isi dari kurikulum 2013 tersebut, untuk pelaksanaan pendidikan di sekolahnya, perubahan-perubahan mendasar pada Kurikulum 2013 tersebut adalah metode pembelajaran, penilaian pembelajaran dan juga perubahan pada administrasi guru termasuk penilaian hasil belajar atau bentuk Raport yang berbeda (RAPORT K-13).

Sehingga pada kesempatan emas ini kami gunakan untuk sedikit berbagi materi yang sebelumnya materi ini adalah hasil karya teman pendidik dari Jawa Timur dan beliau juga aktif di dunia Medsos, sehingga dengan mudah kami berkomunikasi melalui blog yang beliau (Kang Martho) kelola yaitu www.kangmartho.com  dengan ijin beliaulah akhirnya kami ikut membagikan karyanya. Dan berikut hasil karya yang berupa sebuah Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013.
Download: Aplikasi Raport K-2013 Kelas 5 Semester 2 Revisi 2017.xlsm
Lebih jelas download vidio tutorial berikut ini:
Download: Tutorial Aplikasi Raport K-2013 Kelas 4 Revisi 2017.mp4
Demikian semoga materi Aplikasi Cetak Raport K13 Kelas 5 Semester 2 Revisi 2017 dapat bermanfaat, dan kami ucapkan banyak terima kasih yang telah dapat menemukan blog kami untuk mendapatkan berbagai materi pendidikan yang dibutuhkan oleh kaum pendidik.

Baca juga:


Terima kasih kunjungannya, kami tunggu kunjungan berikutnya, semoga dapat mendapatkan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung semua. Kurang dan lebihnya mohon maaf.



Sumber Utama: http://www.kangmartho.com

Popular posts from this blog

RPP Matematika (Bangun Datar) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Mulok Pertanian Kelas 3 SD/MI Terbaru

RPP Mulok Bahasa Jawa Kelas 4 Sampai 6 SD Lengkap