RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru

RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru

RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat pada kurikulum 2013 edisi revisi 2017 ini harus telah memunculkan 4 (empat) macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. 
RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru
RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru
Dan akhir dari perjalanan pelaksanaan kurikulum 2013 telah sampai dengan revisi tahun 2017 untuk kelas 1-2-4-5, sedangkan kelas 3 dan kelas 6 mengacu pada revisi tahun 2018 terutama buku pegangan guru dan siswa.

Perbaikan atau revisi kurikulum 2013 adalah :
  1. mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di dalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  2. Mengintegrasikan literasi; 
  3. Mengintegrasikan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 
  4. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill. 

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang.
Pengintegrasian dapat berupa :
  • pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

Perdalaman dan perluasan materi pada kurikulum revisi dapat berupa:
  1. penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
  2. penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
  3. penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.

Perlu diingat!

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. 

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  

Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. 

Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 1 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 2 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 3 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 4 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 5 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 6 Bermain di Rumah Teman.docx
Demikian harapan kami setelah kami berhasil membagikan materi RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru ini sudah tidak muncul lagi istilah belum menyusun/mempunyai/print out RPP, karena hal itu hanya sebuah alasan guru pemalas.

Buka juga link download lainnya:

  1. RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 1
  2. RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 2
  3. RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 3
  4. RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 4
  5. RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 1

Terima kasih atas segala partisipasi dan kunjungannya semoga bermanfaat. Apabila terdapat keluhan pada saat anda berkunjung silahkan kirim keluhan anda pada kolom kkomentar atau langsung kirim ke email kami di wigunadharma11@gmail.com.

Popular posts from this blog

RPP Matematika (Bangun Datar) Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Mulok Pertanian Kelas 3 SD/MI Terbaru

Panduan Pengembangan Sudut Baca dan Area Baca di SD