Update RPP K13 Kelas 4 Tema 4 Edisi Revisi
Update RPP K13 Kelas 4 Tema 4 Edisi Revisi
Update RPP K13 Kelas 4 Tema 4 Edisi Revisi - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Rujukan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Update RPP K13 Kelas 4 Tema 4 Edisi Revisi |
Pada dasarnya setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan sebelum atau pada awal semester atau juga dapat disusun pada awal tahun pelajaran dimulai, namun yang paling perlu diperbaharui sebelum pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan.
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepalasekolah/ madrasah.
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.
Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Sesuai dengan pedoman pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah:
- identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
- identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
- kelas/semester,
- materi pokok,
- alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai,
- tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
- kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi,
- materi pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
- metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai,
- media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran,
- sumber belajar, dapat berupa: buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan,
- langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup, dan
- penilaian hasil pembelajaran
Sebagai gambaran nyata dan lebih jelas dan bermakna silahkan download materi Update RPP K13 Kelas 4 Tema 4 Edisi Revisi pada menu link download di bawah ini:
4.4.2.5. Pekerjaan di Sekitarku.doc
4.4.2.5. Pekerjaan di Sekitarku.doc
4.4.3.1. Pekerjaan Orang Tuaku.docRPP Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Kurikulum 20134.4.1.6. Jenis-jenis Pekerjaan.doc
RPP Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Kurikulum 20134.4.2.4. Pekerjaan di Sekitarku.doc
4.4.2.5. Pekerjaan di Sekitarku.doc
4.4.2.5. Pekerjaan di Sekitarku.doc
RPP Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 Kurikulum 2013
4.4.3.2. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.3.3. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.3.3. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.3.3. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.3.4. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.3.4. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.3.5. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.3.6. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
RPP Khusus Literasi Sekolah Kelas 4 Tema 4 Kurikulum 2013Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 1.doc
Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 2.doc
Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 3.doc
Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 4.doc
Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 5.doc
Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 6.doc
Demikian ulasan singkat materi Update RPP K13 Kelas 4 Tema 4 Edisi Revisi dengan harapan dapat membantu bapak dan ibu serta pengunjung yang pada kesempatan kali ini tepat pada situs kami. Kurang dan lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Link download lainnya:
Terima kasih telah berkunjung senantiasa kami selalu berharap kunjungan anda berikutnya.